Sabtu, 11 Juni 2016

Makalah bahaya narkoba dan penularan HIV AIDS dikalangan remaja


KATA PENGANTAR
            Dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, dan atas segala rahmatnya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul “ Akibat Pergaulan Bebas Dikalangan Remaja“. makalah menganalisa tentang pencegahan  narkoba yaitu maraknya remaja yang tercandu narkoba dan itu salah satu penyebab timbulnya HIV AIDS. guna memenuhi tugas matakuliah pengantar ilmu sosiologi.
            Pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan penyusunan makalah ini
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih belum sempurna oleh karena itu, penulis mengharapkan saran dan kritik sebagai pembangun yang ditunjukan demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi semua pihak.
 
                                                                                    Sukabumi,15 Desember 2015
 
                                                                                              Yulia      
                                                                                             
 
 
 
 
 
 
 
 
DAFTAR ISI
 
KATA PENGANTAR................................................................................. i
DAFTAR ISI............................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN........................................................................... 1
A.    LATAR BELAKANG MASALAH............................................... 1
B.     RUMUSAN MASALAH............................................................... 1
C.     TUJUAN PENULISAN................................................................. 1
BAB II LANDASAN TEORI.................................................................... 2
A.    NARKOBA................................................................................ ... 2
B.     AIDS.............................................................................................. 2
BAB III PEMBAHASAN.......................................................................... 3
A.    PENGERTIAN NARKOBA......................................................... 3
B.     BAGAIMANA CARA PENYEBARAN NARKOBA................. 3
C.     BAGAIMANA NARKOBA BISA MENGUNDANG
MUNCULNYA PENYAKIT HIV AIDS?.................................... 4
D.    CARA PENULARAN HIV AIDS................................................ 5
E.     GEJALA-GEJALA SESEORANG YANG TERKENA
VIRUS HIV AIDS......................................................................... 6
F.      CARA MENCEGAH AGAR TIDAK TERJERUMUS
KEDALAM PERGAULAN BEBAS............................................ 6
BAB IV SIMPULAN DAN SARAN........................................................ 8
A.    SIMPULAN.................................................................................. 8
B.     SARAN........................................................................................ 8
DAFTAR PUSTAKA............................................................................... 9
 
 
 
 


 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    LATAR BELAKANG MASALAH

Alasan penulis memilih bahaya narkoba dan penularan HIV AIDS dikalangan remaja sebagai tema pada makalah ini,karna penulis menyesuaikanya dengan kondisi kehidupan remaja disaat ini. penulis sangat prihatin sekali dengan melihat kondisi remaja pada saat ini yang pergaulanya begitu tidak baik dan tidak seharusnya mereka seperti itu. Namun itu terjadi karna beberapa faktor juga, diantaranya yaitu faktor kurangnya perhatian dan kasih sayang dari orang tua mereka, karena disibukanya dengan pekerjaannya masing-masing sehingga sianak tersebut terjerumus pada pergaulan bebas yang menyebabkan mereka kenal dengan narkoba bahkan bisa saja terjangkit HIV AIDS.

B.     INDIKASI MASALAH

a.       Pengertian narkoba

b.      Bagaimana cara penyebaran narkoba

c.       Bagaimana narkoba bisa mengundang munculnya penyakit HIV AIDS

d.      Cara penularan HIV AIDS

e.       Gejala seseorang yang terkena HIV AIDS

f.       Cara pencegahan agar tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas

C.    TUJUAN PENULISAN

Bertujuan untuk:

a.       Menjelaskan apa itu narkoba dan bahayanya

b.      Mengetahui apa itu HIV AIDS dan cara penularanya

c.       Menginformasikan bagaimana cara pencegahanya

d.      Menambah ilmu pengetahuan dan wawasan tentang masalah pergaulan bebas dikalangan remaja.

 

 

 

 

BAB II

LANDASAN TEORI

 

A.    NARKOBA

Narkoba itu adalah singkatan dari Narkotika dan Obat-obatan Berbahaya atau bisa disebut juga NAPZA,singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif.

Narkotika adalah Zat yang menyebabkan orang tertidur.
Narkotika punya efek yang bisa mempengaruhi panca indra naik dan turun,orang yang menggunakannya bisa tertidur,berarti orang itu dalam keadaan fly, tapi bisa juga orang itu dalam keadaan terbangun dan menjadi sangat agresif. Disamping itu narkotika juga bersifat adiktif,yaitu menyebabkan orang kecanduan.

B.     AIDS

Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (disingkat AIDS) adalah sekumpulan gejala dan infeksi (atau: sindrom) yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV;[1] atau infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain).

Virusnya sendiri bernama Human Immunodeficiency Virus (atau disingkat HIV) yaitu virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor. Meskipun penanganan yang telah ada dapat memperlambat laju perkembangan virus,namun penyakit ini belum benar-benar bisa disembuhkan.

 

 

 

 

 

BAB III

PEMBAHASAN

A.    Pengertian Narkoba

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif.

Semua istilah ini, baik "narkoba" ataupun "napza", mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki risiko kecanduan bagi penggunanya. Menurut pakar kesehatan, narkoba sebenarnya adalah senyawa-senyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu.Namun kini persepsi itu disalahartikan akibat pemakaian di luar peruntukan dan dosis yang semestinya.

Jenis-jenis Narkoba diataranya adalah Opiat (Putaw),Amfetamin (Shabu-shabu),Ectasy,Ganja,Heroin,dan Morfin.

B.     Bagaimana cara penyebaran narkoba?

Penyebaran narkoba hingga kini sudah hampir tidak bisa dicegah.Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Misalnya dari bandar narkoba yang senang mencari mangsa didaerah sekolah,diskotik,tempat pelacuran, dan temapt-tempat perkumpulan genk. Tentu saja hal ini bisa membuat para orang tua,pemerintah khawatir akan penyebaran narkoba yang begitu merajalela. Upaya pemberantas narkoba pun sudah sering dilakukan, namun masih sedikit kemungkinan untuk menghindarkan narkoba dari kalangan remaja maupun dewasa, bahkan anak-anak usia SD dan SMP pun banyak yang terjerumus narkoba. Hingga saat  ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalah gunaan narkoba pada anak-anak yaitu dari pendidikan keluarga. Orang tua diharapkan dapat mengawasi dan mendidik anaknya untuk selalu menjauhi narkoba

 

C.    Bagaimana narkoba bisa mengundang munculnya penyakit HIV AIDS?

Apa itu HIV AIDS? AIDS merupakan kependekan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome.Kemudian Penyakit AIDS berasal dari virus HIV, dan virus HIV merupakan kependekan dari Human Imuno Deficiency Virus.HIV merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang dalam jangka waktu yang cukup lama. Pada umumnya AIDS akan muncul setelah HIV menyerang kekebalan tubuh dari 5-10 tahun.

Sampai saat ini penyakit tersebut belum ada obatnya sehingga orang-orang yang mengidapnya berakhir dengan kematian.Upaya yang perlu dilakukan saat ini yaitu pencegahan karena penyakit ini lebih cenderung berada pada sikap moral dan atau prilaku masyarakat.

Narkoba yaitu bisa jadi penyebab salah satu munculnya penyakit HIV AIDS menyerang tubuh kita, karena dari pengguna narkoba seperti heroin,ganja,putaw,ekstasy,dan shabu-shabu itu pemakaiannya atau cara penggunaanya ada yang dihisap atau dihirup,diminum dan bahkan disuntikan yaitu dengan menggukan jarum suntik.

Yang menyebabkan narkoba bisa jadi terserang virus HIV yaitu dengan pemakaian narkoba yang menggunakan jarum suntik.Mengapa? Karena sipemakai narkoba yang menggunakan jarum suntik tersebut bisa saja jarum suntiknya itu tidak menggunakan yang baru dan malah menggunakan jarum suntik yang bekas, sehingga bisa terjadi kemungkinan jarum suntik tersebut bekas digunakan oleh yang menderita penyakit HIV AIDS, dan itu secara langsung ditularkan kepada sipengguna narkoba tersebut yang memakai jarum suntik bekas, dan bisa juga akibat dari pemakaian jarum suntik scara bergantian dan bersamaan tanpak mengganti jarum tersebut itu. Bisa menyebabkan pula timbulnya penyakit HIV AIDS, karena jarum yang digunakan sudah tidak layak pakai dan mengandung banyak sekali virus, sehingga menimbulkan banyak penyakit yang menyerang tubuh kita.

 

D.    Cara penularan HIV AIDS

Cara penularan HIV AIDS ini secara umum ada 4 macam,yaitu:

a.       Dengan melakukan hubungan seksual atau bersenggama.

Pemindahan yang paling umum dan paling sering terjadi adalah melalui hubungan seksual.Disini HIV dipindandahkan melalui cairan sperma. Adanya luka pada pihak penerima akan memperbesar kemungkinan penularan. Apalagi jika pada saat melakukan hubungan seksual pasanganya selalu beda atau berganti-ganti pasangan.

b.      Penularan melalui transfusi darah

Jika darah yang di transfusikan telah terinfeksi oleh HIV,vitus itu akan menyebar ke orang lain melalui darah. Ini akan membuat orang tersebut terinfeksi HIV.

c.       Penularan melalui jarum suntik

Model penularan lain scara teoritis dapat terjadi melalui akupuntur (penggunaan tusuk jarum),tato,dan tindik. Penularan ini juga terjadi pada penggunaan alat suntik atau injeksi yang tidak steril yang sering dipakai para pengguna narkoba dan juga suntikan oleh petugas kesehatan liar.

d.      Penularan melalui kehamilan

Jika ibu hamil terinfeksi HIV,virus tersebut bisa meular ke janin yang dikandungnya melalui plasenta. Resiko penularan ibu hamil kejanin yang dikandungnya berkisar 20%-40%.

 

 

 

 

 

 

E.     Gejala-gejala seseorang yang terkena virus HIV AIDS

a.       Daya tahan tubuh menurun secara derastis;

b.      Limfosit dan berat badan menurun;

c.       Batuk kering dan panas dingin seperti sakit flu (kurang lebih sebulan);

d.      Sering berkeringat setiap malam;

e.       Sakit kepala secara terus menerus;

f.       Badan lemah terus menerus tanpak ada penyebabnya

g.      Kelenjar getah beningnya membengkak selama kurang lebih tiga bulan;

h.      Sesak nafas dan diare kronis

 

F.     Cara mencegah agar tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas

Upaya – Upaya Untuk Mencegah agar Remaja tidak Terjerumus dalam Pergaulan Bebas.

1.      Sikap atau cara yang bersifat preventif.

Yaitu perbuatan / tindakan orang tua terhadap anak yang bertujuan untuk menjauhkan seorang anak dari perbuatan buruk atau dari lingkungan pergaulan yang buruk. Upaya tindakan dengan cara preventif : 

a.       Menanamkan rasa disiplin dari ayah terhadap anak.

b.      Memberikan pengawasan dan perlindungan terhadap anak oleh ibu.

c.       Pencurahan kasih sayang dari kedua orang tua terhadap anak.

d.      Menjaga agar tetap terdapat suatu hubungan yang bersifat intim dalam satu ikatan keluarga.

Disamping keempat hal yang diatas maka hendaknya diadakan pula :

a.       Pendidikan agama untuk meletakkan dasar moral yang baik dan berguna.

b.      Penyaluran bakat terhadap anak ke Arab pekerjaan yang berguna dan produktif.

c.       Rekreasi yang sehat sesuai dengan kebutuhan jiwa anak.

d.      Pengawasan atas lingkungan pergaulan anak sebaik - baiknya.

2.      Sikap atau cara yang bersifat represif.

Yaitu pihak orang tua hendaknya ikut serta secara aktif dalam kegiatan sosial yang bertujuan untuk menanggulangi masalah kenakalan anak seperti menjadi anggota badan kesejahteraan keluarga dan anak, ikut serta dalam diskusi yang khusus mengenai masalah kesejahteraan anak - anak. Selain itu pihak orang tua terhadap anak yang bersangkutan dalam perkara kenakalan hendaknya mengambil sikap sebagai berikut :

a.       Mengadakan introspeksi sepenuhnya akan kealpaan yang telah diperbuatnya sehingga menyebabkan anak terjerumus dalam kenakalan pergaulan bebas.

b.      Memahami sepenuhnya akan latar belakang daripada masalah kenakalan yang menimpa anaknya.

c.       Meminta bantuan para ahli ( psikolog atau petugas sosial ) di dalam mengawasi perkembangan kehidupan anak, apabila dipandang perlu.

d.      Membuat catatan perkembangan pribadi anak sehari-hari.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

SIMPULAN DAN SARAN

A.    Simpulan

Kesimpulan dari makalah ini yaitu kita sebagai seorang anak remaja harus berhati-hati dengan adanya ancaman pergaulan bebas sehingga menjadi terjerumus kepada hal-hal yang dapat merugikan seperti menjadi kenal dengan narkoba dan virus HIV/AIDS, dan kita sebagai anak remaja harus melawan ancaman tersebut dengan menggunakan cara-cara pencegahan narkoba dan virus HIV/AIDS. Jauhi hal-hal yang membuat kita akan terjerumus kepada hal yang tidak baik dan mulai bersikap baiklah tergadap orang disekitar kita,orang tua,dan dirimu sendiri. Dan mulailah kita lebih mendekatkan diri kita kepada Allah SWT,agar kita senantiasa berada didalam lindunganya.

B.     Saran

Saran dari makalah ini yaitu kita sebagai anak remaja,harus bebas dari ancaman pergaulan bebas,narkoba dan HIV/AIDS dengan cara berkarya dan memperkuat keimanan agar kita dapat melanjutkan impian bangsa kita dan bagi yang sering keluar malam khususnya wanita sebaiknya dikurangi. Upaya pencegahan akan bisa dioptimalkan apabila ada kerjasama yang harmonis dan sinergis antara sekolah,masyarakat,dan pemerintah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA




 

 

 

1 komentar:

  1. How to watch videos on youtube? - Vimeo
    The most popular TV shows on YouTube, such as the Golden Axe: The youtube to mp3 converter samsung Golden Axe: The Rise and Fall, are made up of over 300 legendary characters. There's

    BalasHapus